Menyelam, Mengarungi, dan Mendalami Apa Itu Website

Website memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan teknologi yang kian maju dan berkembang. Website sendiri memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan individu, perusahaan, bahkan pemerintahan. 

Pada artikel kali ini, saya akan mengajak anda untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu Website, Blog, Domain, Hosting, Cms, dan hal-hal yang berhubungan seputar Website.


#1. Mengenal Apa itu Website

Website merupakan sebuah situs yang dibuat dengan tujuan tertentu, misal untuk membuat:
  • Profil perusahaan, contohnya: Website Pertamina.
  • Profil sekolah, contohnya: smknpringsurat.sch.id 
  • Jual-beli, contohnya: Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada.
  • Profil produk atau jasa, contohnya: Indofood, Pepsodent, Siantar Top.

Biasanya website dikelola oleh lebih dari seorang, karena kepemilikannya tidak di miliki oleh personal. Jadinya, kalau ada website pemerintahan seperti kominfo, admin yang bertugas mengelola website tersebut tidak hanya satu orang tapi bisa jadi banyak orang dengan pembagian tugasnya masing-masing.

#2. Mengenal Apa itu Blog

Blog merupakan singkatan dari web log yang mana merupakan aplikasi berbasis web dan berisi tulisan postingan pada sebuah halaman web. Media yang paling terkenal dan gratis untuk membuat blog yaitu Blogger.com. 

Blogger.com ini dulunya dimiliki oleh Pyra Labs, namun pada tahun 2002 Blogger.com diakuisasi oleh Google.

Biasanya blog digunakan sebagai media untuk membuat postingan yang bersifat pribadi dan diperuntukkan untuk dibaca oleh viewer dengan niche yang telah ditetapkan oleh si pemilik blog, misalnya: blog teknologi, blog kesehatan, blog agama, blog politik, blog pengetahuan, dan masih banyak lagi.

#3. Apa Itu hosting?

Hosting merupakan tempat kita menaruh data-data penting yang ada pada sebuah situs, bisa berupa gambar, database, script, dan lain-lain.  Hosting ini diperlukan agar website yang telah dibangun dapat diakses melalui internet alias Online.

Sebenarnya hosting itu hanya komputer yang memiliki spek tinggi (komputer server) dan digunakan oleh banyak orang sebagai media penyimpanan online.

#4. Apa Itu Domain?

Kalau hosting sebagai penyimpanannya, domain berfungsi sebagai alamat yang akan mengarahkan menuju sebuah situs. Domain ini bekerja mengubah dari alamat ip menjadi sebuah nama yang mudah diingat. Contoh: ip 103.64.14.21 menjadi bukalapak.com 

Macam-macam domain

#domain TLD (Top Level Domain) >> domain paling umum dan banyak digunakan di seluruh penjuru dunia, contohnya yang paling terkenal adalah .com .net .org

#domain ccTLD (Country Code Top Level Domain) >> domain khusus untuk kode negara, contohnya kode negara kita sendiri .ID .co.id .go.id .my.id .web.id dan masih banyak lagi, di Indonesia yang mengelola domain ccTLD adalah PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).
Karena jika ingin memiliki domain kita harus menyewa dan membayar setiap tahun, maka banyak pemula yang memilih domain gratis dari Freenom. Saya tidak menyarankan untuk menggunakan domain gratis, karena keamanannya yang kurang.

 #5. Mengenal Apa Itu CMS

CMS merupakan singkatan dari Content Management System yang mana merupakan aplikasi yang berfungsi memudahkan penggunanya untuk membuat dan membangun aplikasi berbasis web tanpa harus menguasai coding yang rumit (bahkan tanpa menyentuh coding). CMS ini biasanya di buat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman: 
  • HTML: Sebagai kerangka sebuah CMS
  • CSS: Sebagai desain suatu Web
  • PHP: Sebagai server side programming
  • Java Script: Membuat halaman web menjadi lebih interaktif, contoh: Tombol back to top, header sticky, widget jam, notifikasi, dan masih banyak lagi.
Note: Sebenarnya HTML dan CSS bukan bahasa pemrograman, HTML sebagai bahasa layout dan CSS sebagai desain web agar terlihat lebih aktif dan indah

CMS yang banyak digunakan:

  1. CMS untuk Blog atau Website: Wordpress, Joomla, Drupal
  2. CMS untuk Toko Online: Prestashop
  3. CMS untuk Pendidikan: Moodle, CMS Sekolahku 
  4. CMS untuk Web Desa: OpenSID
  5. CMS untuk Perpustakaan: Slim
  6. CMS untuk Streaming Video: Clipbucket, YouPhpTube

#6. Mengenal SEO (Search Engine Optimation)

SEO merupakan optimasi yang di lakukan oleh mesin pencari untuk memfilter situs-situs yang layak untuk berada pada page rank pertama. Saat anda mengetikkan kata kunci mempercantik tampilan linux, maka Google akan menampilkan 10 situs (halaman pertama) sesuai keyword yang telah di ketikkan.

Hal-hal Yang Mempengaruhi SEO

  1. Konten (panjang artikel, typografi, asset, dan sebagainya)
  2. Template Blog atau Website
  3. Meta Tags
  4. Keyword
  5. Backlink
  6. Google webmasters
  7. Dan masih banyak lagi

#7. Profesi Dalam Dunia Web Development

Dalam dunia Web Development terdapat beberapa orang yang memiliki tugas sesuai dengan skill atau kemampuan untuk mengembangkan website skala perusahaan hingga di atasnya secara team work. Diantaranya, yaitu:

Back End Developer

Seorang yang bertugas di balik layar untuk mengurus aktifitas yang akan dijalankan pada suatu website. Seperti membuat fitur-fitur tertentu, mengelola database, mendevelop, dan masih banyak lagi .

Bahasa pemrograman yang harus dikuasai antara lain seperti: PHP, Ruby, dan Pemrograman database.

Biasanya perusahaan tidak akan menggunakan istilah Back End Developer untuk membuka lowongan pekerjaan, melainkan PHP Developer, Ruby developer, dan lain-lain.

Front End Developer 

Bertugas untuk membuat dan medesain tampilan yang akan menjadi interaksi antara pengunjung dengan halaman Website . Bahasa pemrograman yang harus di kuasai antara lain: HTML, CSS, dan Java Script.

Full Stack Developer

Mempunyai tugas untuk menghundle pekerjaan back end developer dan Front End Developer seorang diri. Jadi dapat di pastikan bahwa seorang full stack developer harus bisa menguasai bahasa pemrogramana back end dan front end.

#8. Serangan Yang Sering Terjadi Pada Website

Deface

Merupakan serangan dengan mengubah tampilan website tertentu sesuai dengan keinginan defacer tanpa seizin admin website.

Defacer akan mencari korban dengan memanfaatkan keyword tertentu di google untuk menemukan website yang memiliki celah, jika berhasil menemukan dan ia bisa masuk ke celah tersebut, maka defacer akan mengunggah file HTML dan CSS yang berisi tampilan website berhasil di HACK !!

Cukup sulit untuk melakukan deface sesuai target yang di inginkan, karena hanya beberapa orang saja yang mampu men-deface website besar, seperti: website pemerintahan, telkomsel, dan masih banyak lagi.

SQL Injection

Merupakan serangan dengan memanfaatkan bug dari database MySQL berupa kesalahan saat membaca kode-kode tertentu, seperti kombinasi tanda ‘=’ .

Namun karena versi dari MySQL sendiri sudah semakin baik, maka bug tersebut sudah teratasi sejak munculnya pembaharuan.

XSS (Cross Site Scripting)

Karena CSS sudah lebih dulu menjadi singkatan dari Cascading Style sheets, maka Cross Site Scripting di singkat menjadi XSS dengan tujuan agar tidak terjadi kesalah pahaman.

XSS sendiri merupakan metode serangan injeksi dengan memasukkan kode HTML atau Client Script lain ke website korban dengan tujuan agar memperoleh data sensitif dan mem-bypass keamanan website.

#9. Penutup

Wassalamu'alaikum Warahmatulloh Wabarakatuh

3 Responses to "Menyelam, Mengarungi, dan Mendalami Apa Itu Website"

  1. Terimakasih informasinya bang.
    Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Mantap gan. Menambah ilmu kita gan.

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    ReplyDelete